Posted by : Alwim Sunday 29 March 2015

Saya kira dulu kepikiran bahwa AMV tuh Adult Movie Video (Muka Mesum *plak) , ternyata bukan .
AMV adalah singkatan dari Anime Music Video, yaitu sebuah video yang berisikan potongan-potongan film kartun atau animasi yang digabung menjadi satu dengan sebuah musik sebagai backsoundnya. Biasanya AMV ini berisikan film kartun jepang/Anime (sesuai namanya ANIME MUSIC VIDEO -___-). Anda akan menemukan banyak AMV dari yang biasa saja hingga membuat anda merinding terbawa suasana karena video yang ditampilkan pas dengan backsoundnya (video saat sedih dengan lagu sedih, atau video saat pertarungan yang diiringi musik epic scoring atau musik keras).
Nah sebenernya banyak software yang dapat kita gunakan dalam membuat AMV ini, biasanya untuk yang sudah terbiasa membuat AMV atau edit video mereka menggunakan Sony VegasPro (yang sedang saya pelajari), Adobe Premiere, Adobe After Effect. Jika ingin lebih mudah anda dapat menggunakan Windows Movie Maker, atau VideoSpirit Pro seperti saya. Pada blog ini saya akan memberi sedikit tutorial membuat AMV sederhana menggunakan VideoSpirit Pro. Are u Ready Guys? Let's Go!!!
  1. download Video SpiritPro terlebih dahulu jika belum mempunyai software ini, VideoSpiritPro (jika eror atau bermasalah kalian bisa Googling, Hah? googling? males! yaudah gausah coba bikin AMV kalo gitu)
  2. Selesai download, Install hasil download-an tersebut.
  3. Installan selesai, buka program VideoSpirit Pro, dan akan muncul semacam jendela pendaftaran (registration code), namun anda dapat memilih tombol Continue Evaluation.
  4. Selamat anda memasuki halaman VideoSpirit Pro!! setelah itu kumpulkan materi-materi AMV kalian berupa video-video dan lagu yang akan menjadi backsoundnya, Saya beri saran untuk memilih dan memasukkan lagunya terlebih dahulu dibandingkan videonya, karena anda lebih mudah menseleksi scene atau video berikutnya agar sesuai dengan iringan lagunya.
  5. Klik Insert Media/Track pada bagian atas halaman, maka akan muncul Insert Audio, Insert Video, Insert Subtitle, Insert New Track
  6. Untuk memasukkan lagu, klik Insert Audio, lalu akan muncul jendela file sebagai sarana untuk meng-import lagu yang akan anda pilih. Pilih dan klik lagu pilihan anda, lalu klik Open untuk membuka lagu tersebut. Cara ini sama dengan halnya kita memasukkan Video, hanya anda harus mengklik Insert Video.
  7. Setelah itu akan muncul sebuah jendela Clip Properties yang merupakan jendela khusus dimana anda mengatur pengeditan lagu/video. ada opsi Start Time sebagai waktu dimulai lagu/video yang akan anda ambil/potong, dan End Time sebagai waktu berakhirnya potongan lagu/video tersebut. Pada saat mengedit potongan video jangan lupa di set volume menjadi 0% agar backsound/lagu yang anda masukkan tidak berbenturan dengan suara asli dari video tersebut, atau anda dapat memilih disable audio pada opsi dibawah End Time. Anda juga bisa mengedit potongan video tersebut dengan mengklik Icon Crop untuk memotong video tersebut menjadi kecil atau Playback Speed untuk mengatur kecepatan tampilan video. Jika potongan lagu/video anda sudah pas, klik Ok.
  8. Potongan lagu/video sudah anda atur akan tampil pada Timeline Audio/Timeline Video. Untuk hasil video yang spesifik pindahkan potongan video anda ke Timeline Overlay yang disimbolkan dengan huruf O. Caranya dengan mengklik potongan video tersebut dan drag video tersebut ke Timeline Overlay.
  9. Untuk menghapus potongan lagu/video anda klik saja potongan lagu/video anda lalu klik tombol Delete Items.
  10. Untuk memperindah hasil potongan video anda, anda dapat menambahkan efek dengan menggunakan fasilitas Effect dan Title. cara dan pengaturannya sama seperti Clip Properties.
  11. Usahakan hasil potongan video anda sesuai dengan irama lagu yang berlangsung.
  12. Jika editan video anda telah selesai anda pilih tombol Output lalu ubah file video saat di-Convert nanti pada bagian Create to setelah itu klik tombol Create Video Now.
  13. selamat anda telah membuat sebuah AMV.
ya begitulah langkah-langkah dalam membuat AMV yang simpel dan mudah menggunakan VideoSpirit Pro. Namun kekurangannya, ketika hasil AMV kita telah selesai di buat, akan terdapat tulisan Made by VideoSpirit Unregistered Version. Hal ini dikarenakan tidak mengisi formulir registration code dan membeli software ini secara penuh.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Singing Hatsune Miku

Silakan Tinggalkan Pesan

Blogroll

System.out.printl(" Aldo " ). Powered by Blogger.

Waktu

Copyright © My Blog Aldo Dwi -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan